6 Riset Yang Bakalan Buat Manusia Makin Malas

Kalau bicara soal teknologi, tentu tidak ada habisnya. Makin lama makin berkembang, makin lama makin canggih, tiada hentinya. Penemuan lama dikembangkan, penemuan baru diciptakan, begitulah seruannya. Dan sekarang, para ilmuwan bekerja semaksimal mungkin untuk membuat teknologi atau penemuan yang menjadikan kehidupan manusia jadi lebih baik lagi. Bukan tidak mungkin, nantinya manusia akan berhenti bergerak karena semua terbantu oleh teknologi. Ujung-ujungnya jadi malas bukan? Inilah dia 6 riset atau penemuan yang bakalan buat manusia makin malas!

1. ‘Compound 14’

fitness-119-280x300

Agar menjaga kesehatan tubuh, tentu setiap manusia harus mengatur pola makan sehat mereka dan membutuhkan sedikit olahraga. Namun semenjak olahraga sudah sangat sulit dilakukan karena kesibukan manusia dalam bekerja, para ilmuwan ternyata berpikiran untuk mengembangkan pil yang bisa menggantikan khasiat dari olahraga.

Para ilmuwan telah menganalisis sinyal dalam tubuh yang muncul ketika olahraga, dengan memindainya dengan alat canggih. Berbekal informasi ini, ilmuwan membuat ‘blueprint’ dari apa yang tubuh kita lakukan saat berolahraga, dan membuat pil yang juga menghasilkan reaksi yang sama.

‘Compound 14’ adalah salah satu hasil sukses dalam pengembangan ini. Cara kerja pil ini sederhana. Yakni ketika seseorang meminum pil ini, tubuhnya akan bereaksi ‘lelah’ layaknya sehabis marathon. Dengan ini, tubuh menaikkan level metabolisme yang bisa membuat proses penurunan berat badan lebih cepat. Pil ini terbukti mampu menurunkan 5 persen berat badan dalam seminggu, tanpa perlu bergerak sedikit pun. Contohnya, seseorang memiliki berat 90 kilogram dan meminum ‘compound 14’, dia akan punya berat 86,5 kilogram di minggu berikutnya. Buat yang ingin menurunkan berat badan namun tak sempat berolahraga, telan aja pil ini. Gampang kan?

2. Belanja ‘drive-thru’

drive-through-supermarket-simulation-300x166

Semua orang pasti berpikir kalau belanja di pasar atau hypermarket akan menghabiskan banyak tenaga karena skala tempatnya yang besar. Hal ini terkadang tak diimbangi dengan jumlah yang akan dibeli.

Ternyata, hal ini juga jadi salah satu aspek yang dipikirkan oleh ilmuwan. Buktinya, seorang ilmuwan dari Rusia telah mematenkan ide toko bahan makanan secara ‘drive-thru’ yang memungkinkan kita untuk belanja lewat jendela mobil. Ide ini berupa meletakkan setiap produk yang akan dijual di sebuah ‘rotating belt’ sehingga kita hanya tinggal memarkirkan mobil dan mendapatkan yang kita butuhkan. Buat orang-orang yang malas, teknologi seperti ini pasti akan sangat membantu.

3. Robot Yang Bisa Masak

robot-masak-300x181

Sekarang ini lagi zamannya ‘delivery order’, kita gak perlu bergerak ke mana-mana untuk mendapat makanan. Cukup menggerakkan jari dan makanan akan diantar. Namun hal tersebut adalah sebuah jasa. Melalui ide yang sama, ilmuwan menginginkan hal tersebut tak usah dilakukan manusia. Akhirnya, ilmuwan mengembangkan robot yang mampu memasak untuk manusia.

Sebuah perusahaan bernama Moley Robotics, mengembangkan sebuah ‘lengan robot’ yang dapat menyiapkan berbagai makanan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Para insinyur di perusahaan tersebut membuat sebuah lengan robot yang terprogram mengikuti pergerakan-pergerakan koki profesional. Saat ini robot tersebut mampu menyiapkan 2000 jenis makanan, dan dia dapat mengunduh berbagai resep masakan dari sebuah aplikasi. Jadi jika ada sebuah menu baru yang ingin dicoba, sang robot bisa mempelajarinya.

4. Enzim Yang Bisa Cegah Kegemukan

enzim-300x220

Manusia selalu ingin untuk bisa terus makan enak dengan jumlah yang banyak, namun tak berpikir soal kalori yang masuk. Hal ini pula yang selalu dipikirkan oleh ilmuwan untuk dikembangkan.

Oleh sebab itu, ilmuwan akhirnya berhasil mengembangkan enzim yang dapat mencegah gula disimpan menjadi lemak dalam tubuh. Begini penjelasannya, jika kita makan satu cangkir es krim dan cake, ekstra glukosa yang terdapat pada makanan tersebut akan diproses sebagai sel lemak oleh hati. Namun sebuah enzim yang bernama G3PP, membuat gula yang masuk dalam tubuh berubah menjadi gliserol, sehingga bisa langsung diekskresi oleh tubuh.

G3PP juga mampu mendetoksifikasi gula. Hal ini akan membuat gula berlebih yang seharusnya bisa merusak kemampuan tubuh memproduksi insulin, justru akan terjadi sebaliknya. Di masa depan, cake bisa sebaik sayuran.

5. Robot Sebagai Teman Bermain

peliharaan-300x200

Punya hewan peliharaan? Jika punya, apa yang seharusnya kita lakukan jika mereka sedang ingin bermain atau sedang manja, namun kita sedang malas untuk bangkit? Yap, dia bisa bermain dengan sebuah mesin. Barangnya ternyata sudah ada, bahkan telah dijual. Namanya iFetch Automatic Ball Launcher, yang bisa melemparkan sebuah bola ke binatang peliharaan, sehingga mesin ini sangat disukai anjing atau kucing yang masih anak-anak.

Uniknya, banyak perusahaan yang memproduksi mesin ini. Dan kini para pemilik hewan peliharaan hanya sekedar melihat peliharaannya bermain dengan sebongkah mesin.

6. Robotic Furniture

furnrob-300x186

Saat selesai bekerja, kita biasanya lupa untuk merapikan kursi yang berantakan. Tak perlu dipirkan, kini kita sudah tak perlu untuk merapikannya lagi, karena sudah tercipta kursi yang bisa ‘parkir’ sendiri di meja dengan rapih.

Nissan, menerapkan teknologi parkir otomatis yang ada di mobilnya, ke sebuah kursi kantor. Kursi ini dilengkapi dengan sensor dan telah berhasil diuji di kantor mereka.

Dalam inovasi lain, Stanford University juga menciptakan teknologi yang serupa untuk membuat kita bisa hidup layaknya di kisah “Beauty and the Beast,” di mana furniture bisa bergerak sesuai keinginan kita.

Bahkan ada lho ilmuwan dari Universitas di California yang mengembangkan satu set furniture yang dapat mengerti berbagai perintah kita. Furniture ini berupa kursi yang bisa bergerak, laci yang dapat membuka sendiri, serta tempat sampah yang bisa berjalan-jalan mencari sampah.

Nah itu dia tadi mengenai penemuannya, gimana menurut kamu? Semoga adanya teknologi-teknologi diatas tidak membuat kamu makin malas ya!