Kanguru Dan Hewan Lain Yang Identik Dengan Australia

Jika ditanya tentang Australia, apa yang identik dengan negara tersebut? Tentu yang terlintas pertama kali dipikiran orang-orang adalah Kanguru. Ini karena Kanguru merupakan hewan khas Australia yang paling terkenal.

Nama kanguru merupakan nama yang kebetulan tidak disengaja saat orang Eropa datang ke Australia pada abad ke 18 dan menanyakan ke orang Aborigin tentang nama hewan itu. Orang Aborigin menjawab ‘Kang Go Ro’.

Lantas orang Eropa menyebutnya dengan panggilan kanguru. Padahal, ‘Kang Go Ro’ itu sendiri artinya orang Aborigin tersebut tidak mengerti bahasa orang Eropa itu. Hmm ada-ada aja yah.

Kanguru merupakan hewan yang cukup unik, memiliki penampilan yang khas dengan kaki depan lebih pendek dan memiliki kantong di dadanya. Kaki ini dapat membantu mereka meloncat sangat jauh mencapai 30 km/jam. Jika sedang lari, kanguru bisa meloncat hingga kecepatan 70 km/jam. Kanguru betina menggunakan kantungnya untuk menyimpan anak-anaknya apabila masih kecil-kecil.

Lalu, Selain Kanguru, apakah ada hewan lain yang identik atau berasal dari Australia? Tentu ada! Apa saja? Mari kita bahas dibawah ini!!

Wombat

Wombat merupakan hewan berkantung dari Australia yang berkaki pendek. Hewan ini memiliki panjang kira-kira 1 meter dengan ekor yang sangat pendek pula. Nama Wombat diberikan warga Eora Aborigin yang menghuni Sydney.

Wombat adalah binatang herbivora yang makanan utamanya terdiri dari berbagai jenis rumput, teki tahunan, herbal, kulit, dan akar tumbuhan.

Sebagian wombat berwarna seperti pasir, sementara sebagian lainnya berwarna coklat, abu-abu atau hitam.
Wombat berbulu memiliki berat antara 20 hingga 35 kg.

Hewan ini berukuran relatif kecil, namun memiliki otot cakar dan gigi depan yang kuat, sehingga dapat menggali liang yang besar.

Orang-orang yang bertemu dengan wombat, biasanya akan diserang dan menderita luka parah akibat cakar dan gigitan wombat.

Wombat merupakan hewan yang cukup berat, sehingga apabila ada wombat liar yang marah dapat dengan mudah menjatuhkan orang dewasa.

Gigitan dan otot rahang yang kuat dari wombat dapat menimbulkan luka parah.

Tasmanian Devil

Tasmanian Devil adalah hewan marsupial karnivora terbesar di dunia. Mereka hanya bisa ditemukan di Pulau Tasmania. 4 abad yang lalu, Tasmanian Devil masih bisa ditemukan di daratan Australia sebelum sepenuhnya punah akibat terdesak oleh populasi dingo dan perburuan oleh penduduk Aborigin. Nama “devil” untuk Tasmanian Devil diberikan karena orang-orang Eropa yang pertama kali menjumpai hewan ini merasa takut dengan perilaku Tasmanian Devil yang hanya keluar pada malam hari & kerap mengeluarkan suara yang terdengar menyeramkan.

Tasmanian Devil memiliki penampilan menyerupai tikus besar yang berwarna hitam & berkaki panjang. Di bagian dada dan punggung belakangnya terdapat garis melintang berwarna putih. Ekor Tasmanian Devil memiliki fungsi lain sebagai organ penyimpanan cadangan lemak. Semakin gemuk ekor dari hewan ini, berarti semakin banyak cadangan lemak yang sedang dimiliknya.

Koala

Setelah kanguru, koala merupakan ikon kedua yang paling terkenal dari Australia. Koala sendiri namanya memilik arti “tidak minum”, namun koala masih tetap minum air. Hanya saja, binatang ini jarang sekali terlihat sedang minum. Koala mendapat air dari daun-daun eukaliptus yang dimakan olehnya. Sama seperti juga dengan kanguru dan wombat, koala juga binatang berkantung.

Koala adalah hewan penyendiri. Artinya, mereka hidup sendiri dan jarang terlihat sebagai kelompok. Mereka juga akan sangat melindungi daerah tempat tinggalnya. Koala menandai tempat tinggal dengan meninggalkan aroma tubuhnya di pohon dengan cara menggosok dada mereka ke pohon.

Koala dalam sehari bisa tidur 20 jam di pohon. Kebanyakan ia bangun pada malam hari dan makan daun ekaliptus. Keunikan lain, koala merupakan satu-satunya binatang mamalia yang memiliki sidik jari layaknya manusia. Setiap koala memiliki sidik jari yang berbeda.

Tawny Frogmounth

Burung hantu khas Australia ini memiliki keunikan sendiri yaitu memiliki tekstur bulu seperti pohon. Burung yang dinamai Pingky ini gemar bersembunyi di dahan yang tinggi dan tersembunyi supaya tidak dijadikan incaran lawan. Makanan binatang malam ini adalah tikus dan binatang sejenis lainnya.

The Perentie

Perentie adalah salah satu hewan unik khas Australia. Hewan berjenis reptil ini merupakan biawak terbesar di Australia dan kadal terbesar ketiga di dunia, setelah komodo dan biawak air. Hewan ini bisa Anda temukan di kawasan gurun di tengah dan barat Australia. Spesies ini tidak banyak terlihat karena sifat mereka yang pemalu. Maka tak heran jika banyak orang jarang mengetahui keberadaan reptil ini di habitatnya. Hewan berjenis reptil ini merupakan biawak terbesar di Australia dan kadal terbesar ketiga di dunia, setelah komodo dan biawak air.

Spotted-tailed Quoll

Hewan ini hidup di antara lubang-lubang pada dinding batu. Kehidupannya yang unik ini menjadi ciri khas tersendiri dari hewan dengan bulu indah ini. Hewan ini juga memiliki kantung (hewan berkantung) dan hidup di kawasan timur negeri Australia. Namun sayang, kini Spotted-tailed Quoll ini sudah semakin jarang ditemukan alias punah. Hal ini karena mereka tidak bisa melawan hewan-hewan predator yang terus mencari dan memangsanya.

Nah itu dia tadi hewan-hewan yang identik atau berasal dari Australia. Gimana? Lucu-lucu bukan?