“Beruang” Si Besar Yang Menggemaskan Sekaligus Berbahaya

Hewan yang satu ini dikenal dengan kebuasannya. Mereka memiliki tubuh yang besar dan sangat kuat. Gigi dan kuku mereka yang tajam dapat mencabik-cabik mangsanya. Itulah cara para beruang untuk melindungi diri mereka. Yah, beruang adalah hewan buas lain yang tentunya sangat berbahaya selain singa dan harimau. Untuk mengetahui hal yang lengkap tentang beruang. Inilah penjelasannya.

Mengenal Tentang Beruang

Beruang adalah mamalia carnivoran dari keluarga Ursidae. Mereka diklasifikasikan sebagai caniforms atau doglike carnivorans. Meskipun hanya ada delapan spesies beruang, namun semuanya telah menyebar dengan luas dan telah muncul dalam berbagai habitat di seluruh belahan bumi utara dan sebagian di belahan bumi selatan.

Beruang juga dapat ditemukan di benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa dan tentnnya di Asia. Karakteristik umum beruang modern termasuk besar tubuh dengan kaki yang kekar, pintar, telinga bulat kecil rambut shaggy, kelima cakar yang cukup tajam, dengan ekor pendek. Beruang kutub kebanyakan dikenal sebagai karnivora dan beberapa yang menyerupai panda hidup di bambu, enam spesies yang tersisa lainnya termasuk dalam omnivora dengan diet yang bervariasi.

Para beruang ini juga memiliki bau mereka tersendiri. Meskipun mereka memiliki tubuh yang bisa dibilang cukup berat tapi mereka dianggap sebagai pelari yang cukup lincah, mereka adalah pelari, pendaki dan perenang yang cukup mahir. Beruang menggunakan tempat penampungan, seperti gua-gua, sebagai sarang mereka. Kebanyakan spesies menempati sarang mereka selama musim dingin untuk jangka panjang hibernasi, sampai dengan 100 hari.

Beruang telah berburu sejak zaman prasejarah mereka hewan berdaging dan berbulu. Beberapa beruang dapat memancing dan juga dapat dijadikan sebagai hiburan dengan kehadiran fisik mereka yang kuat, mereka memainkan peran penting dalam seni, mitologi dan aspek budaya dari berbagai masyarakat manusia.

Di zaman modern, beruang telah datang di bawah tekanan melalui perambahan di habitat mereka dan perdagangan ilegal beruang, termasuk pasar penjualan empedu beruang. Spesies enam beruang yang ada pada daftar IUCN semakin rentan atau terancam dan bahkan telah mendapat sedikit perhatian, seperti beruang cokelat, berada pada risiko extirpation di negara tertentu. Perburuan dan perdagangan internasional ini, padahal sudah ada pelarangan tapi tetap saja ini masih berlangsung.

beruang

Perjalanan Tentang Beruang

Dulu sekali sekitar 20 juta tahun lalu tepatnya di daratan Eurasia, ini merupakan awal dari kehidupan para beruang. Nah, beruang pertama dulunya masih sebesar anjing yang harus hidup di atas pohon untuk menghindari para predator darat yang kuat seperti Srigala dan Singa.

Pada 15 juta tahun yang lalu nenek moyang beruang hanya menurunkan 2 jenis beruang, yaitu: Beruang bermuka pesek dan Panda Raksasa yang memisahkan diri menyebar ke Asia dan hidup di hutan-hutan wilayah China dan mencari wilayah hidup masing-masing, sambil mengembangkan keahlian berburu di darat.

  • Beruang Muka Pendek

Beruang muka pendek mulai melakukan perjalanan menyeberangi jembatan Beringia yang akan menghubungkan Eurasia dan Amerika Utara. Tapi sejak tenggelamnya jembatan Beringia akibat es di kutub utara yang meleleh membuat Beruang muka pesek menjadi terbagi dua yang  satu terjebak di daratan baru yaitu di Amerika Utara dan satu lagi bertahan di daratan Eurasia. Beruang muka pesek yang di daratan Eurasia berevolusi menjadi Beruang Hitam dan Beruang Coklat.

Suatu ketika suhu Bumi menjadi semakin dingin dan jembatan Bering terbuka kembali dan Beruang Coklat menyeberang ke Amerika Utara. Tapi Amerika Utara yang sudah didominasi keturunan Beruang muka pendek yang berukuran raksasa (sekitar 3-4 meter) bertarung dan mengusir Beruang coklat untuk kembali ke Eurasia.

  • Beruang Coklat

Sekitar 21 ribu tahun yang lalu, Beruang coklat kembali memasuki Amerika Utara, tapi kali ini Beruang coklat menang bersaing dengan Beruang muka pendek, bahkan Beruang muka pendek akhirnya punah di Amerika Utara. Sedangkan Beruang coklat di Amerika Utara berevolusi menjadi Beruang Grizzly.

Beruang Grizzly sebenarnya adalah beruang coklat, tapi beruang coklat yang berukuran raksasa, sekitar 2 meter tingginya. Sedangkan yang melanjutkan perjalanan sampai ke kutub Utara, Arctic, berevolusi menjadi Polar Bear atau Beruang es atau Beruang kutub, yang beradaptasi mengubah warna bulunya menjadi seputih es.

  • Polar Bear

Beruang kutub atau Polar Bear berukuran sangat besar bisa mencapai tinggi hingga 3 meter. Polar Bear adalah carnivora sejati karena hanya memakan daging, yang diburunya seperti anjing laut, singa laut bahkan ikan paus. Beruang kutub sendiri menurunkan beberapa sub species Beruang Coklat, seperti Eurasian Brown Bear,Himalayan Brown Bear dan Marsican Brown Bear, juga tersebar ke wilayah Asia, yang dikenal dengan Beruang Coklat.

Ciri-ciri Fisik Beruang

Beruang merupakan hewan Soliter atau hidup menyendiri dan akan benar-benar berkumpul hanya dalam masa kawin saja. Tergolong hewan pemanjat pohon dan memiliki indra penciuman yang baik. Tak hanya itu, bahkan beruang mampu berenang dan berlari dalam kecepatan yang fantastis.

Tubuhnya yang besar tak membuat kemampuan berlarinya kalah dari hewan predator yang lain. Beruang mampu berlari hingga kecepatan 35 meter/jam. Beruang memiliki otot bahu yang kuat, juga lengan besar dan kuat yang biasa digunakan untuk menggali tanah, mematahkan tulang dan mengangkat beban seperti batang pohon.

Keunikan inilah yang membuat beruang banyak diburu. Populasinya kian berkurang. Ancaman perburuan tak hanya pada manusia, tapi juga sesama predator lain seperti puma dan srigala yang biasa menangkap anak beruang.

Beruang memiliki gigi seri sangat tajam, yang memang khusus dibuat untuk merobek kulit dan daging mangsanya. Bagian geraham adalah bagian mahkotanya, biasanya ini akan digunakan untuk menggiling makanan untuk membantu menyalurkan ke pencernaan. Anjing hanya memiliki 4 bagian yang runcing sedangkan beruang kutub dan beruang hitam dan beberapa jenis beruang lainnya memiliki 42 gigi yang memang semuanya runcing. Semua jenis beruang sangat berbahaya bagi manusia. Kebanyakan beruang memiliki berat antara 300 dan ada juga yang lebih dari 1000 kilogram.

beruang-madu

Jenis-jenis Beruang

Ternyata gak cuma beruang grizzly, beruang madu dan beruang-beruang terkenal lainya yang ada di bumi ini, masih ada banyak spesies beruang yang ternyata belum kita ketahui. Berikut ini adalah beberapa jenis beruang dari seluruh dunia.

  • Sun Bear

Hewan besar yang satu ini memiliki nama latin helarctos malayanus. Mereka juga dikenal dengan nama beruang madu (honey bear). Mereka adalah jenis beruang yang berukuran paling kecil dan paling sedikit dipelajari, karena mereka termasuk dalam kategori langka. Beruang jenis ini hidup di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, mereka dapat ditemukan di Pulau Sumatera, dan Kalimantan.

  • Black Bear (Beruang Hitam)

Nama lain dari hewan yang satu ini adalah ursus americanus dan lebih dikenal dengan nama Amerikan Black bear ini terbagi menjadi 2 subspesies yaitu Cinnamon Bear dan Kermode Bear. Habitat mereka sangat variatif dan hewan ini menghuni benua Amerika bagian Utara meliputi Meksiko, hingga Kanada dan Alaska. Beruang hitam Amerika merupakan keempat terbesar dari 8 spesies beruang yang ada dengan berat sekitar 75-225 kg.

  • Beruang Kutub (Ursus maritimus)

Beruang Kutub (Ursus maritimus) adalah spesies beruang besar yang hidup di Kutub Utara. Beruang ini adalah beruang yang mampu berenang, mereka mampu berenang sejauh 60 mil tanpa henti. Saat berenang mereka menggunakan tungkainya, bagian depan untuk kemudi dan belakang untuk berenang. Beruang kutub memiliki penciuman yang baik. Jantannya dapat mencapai berat badan hingga 800 kg dan tinggi 2,5 m. Sedangkan betina hanya mampu mencapai berat 300 kg dan tinggi 2m.

  • Beruang Balochistan

Beruang Balochistan, juga disebut sebagai Beruang hitam Pakistan (Ursus thibetanus gedrosianus) adalah subspesies dari Beruang hitam Asia yang ditemukan di Pegunungan Baluchistan di selatan Pakistan dan Iran.

Balochistan adalah nama tua yang digunakan untuk Pakistan, tapi beruang ini ditemukan setelah nama Balochistan diubah ke Pakistan. Beruang ini memiliki mantel yang sangat tipis untuk seekor beruang hitam Asia, namun beruang ini sering ditemukan di iklim hangat dibandingkan sebagian besar subspesies lainnya, yang ditemukan di Pegunungan Himalaya yang jauh lebih dingin. Beruang ini lebih bersifat pemakan buah daripada subspesies lain dan menyukai buah ara dan pisang.

  • Brown Bear (Beruang Cokelat)

Kalau yang ini memiliki nama latin ursus arctos ini merupakan spesies beruang yang paling banyak memiliki subspesies, diantaranya adalah beruang grizzly, beruang Kodiak, beruang cokelat hokaido, beruang cokelat himalayan, beruang gobi, beruang cokelat siberia dan lain-lain.

  • Panda

Mereka hanya ditemukan di 6 daerah di wilayah dataran tinggi tibet. Beruang yang satu ini adalah yang paling mudah dikenali dengan pola warna bulu hitam-putih nya. Makanan utama mereka adalah tumbuhan, tetapi hanya beberapa jenis tanaman bambu saja yang mereka makan. Meskipun demikian, terkadang mereka juga makan daging.

Fakta Tentang Beruang

Beruang adalah hewan yang imut walaupun kadang menyeramkan. Jadi bagi kalian yang kalian ingin mengenal tentang beruang berikut ini adalah faktanya. Pada saat hibernasi, umumnya beruang akan mengandalkan cadangan lemak yang ada dalam lapisan tubuhnya sehingga ada beberapa spesies beruang yang tahan tidak makan dan minum hingga berbulan-bulan. Secara umum beruang memiliki gigi yang berjumlah 32-42 dengan bentuk gigi taring lebih kecil jika dibanding gigi geraham.

Dari berbagai spesies beruang yang masih ada hingga saat ini, warna spesies satu bisa berbeda dengan spesies lain. Contohnya beruang madu yang memiliki warna hitam kecoklatan dengan guratan warna oranye dibawah lehernya. Berbeda dengan warna beruang kutub yang sebenarnya abu-abu namun warnanya terlihat putih mengkilap karena pantulan sinar matahari.

Hampir semua hewan beruang adalah hewan yang pandai berenang dengan menggunakan tungkai depan sebagai alat berenang sementara tungkai belakang adalah alat kemudi. Diantara banyak jenis beruang, beruang kutub termasuk hewan yang mampu berenang hingga 60 mil tanpa istirahat.

Secara umum beruang adalah hewan karnivor yang makanan utamanya adalah daging, seperti pada beruang kutub dan beruang grizzly. Namun adapula hewan beruang yang merupakan hewan omnivora atau pemakan segala, seperti beruang madu (makanannya bisa berupa nektar, serangga atau rerumputan).

Hewan beruang termasuk hewan yang memiliki kecepatan lari sangat cepat, dimana secara umum kecepatan lari minimum bisa mencapai 50km/jam, meski adapula spesies beruang yang bisa lari dengan kecepatan lebih tinggi, seperti beruang madu yang kecepatan larinya bisa mencapai 48-52km/jam atau beruang kutub yang bisa mencapai 56km/jam.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang beruang. Semoga artikel ini bermanfaat dan kalian jadi tahu mengenai tentang beruang.